Senin, 24 Januari 2011

LKS STRATEGI


LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA
Pertemuan 1

Model Pembelajaran Kooperatif Problem Posing 1

Strategi belajar mengajar adalah suatu rencana kegiatan pembelajaran yang dirancang secara seksama sesuai dengan tuntutan kurikulum sekolah untuk mencapai hasil belajar siswa yang optimal, dengan memilih pendekatan, metode, media, dan keterampilan-keterampilan (membelajarkan, bertanya, berkomunikasi).
Teori Yang Mendasari Srategi Pembelajaran IPA
a.       Teori Bruner
Jerome Bruner dalam Dahar (1988:118) mengemukakan bahwa inti dari belajar adalah cara-cara bagaimana orang memilih, mempertahankan, dan mentransformasi informasi secara aktif.
Selanjutnya dikatakan bahwa belajar melibatkan tiga proses yang berlangsung hampir bersamaan. Ketiga proses itu ialah (1) memperoleh informasi barn, (2) transformasi informasi, dan (3) menguji relevansi dan ketepatan pengetahuan.
Menurut Bruner, tujuan belajar sebenarnya ialah untuk memperoleh pengetahuan dengan suatu cara yang dapat melatih kemampuan-kemampuan intelektual pars siswa, dan merangsang keingintahuan mereka dan memotivasi kemampuan mereka. Bruner dalam Dahar (1988: 30) mengemukakan:
We teach a subject not to produce little living libraries on that subject, but rather to get a student to think mathematically for himself, to consider matters as an historian does, to take part in the process of knowledge-getting. Knowing is a process, not a product.
Hal ini berarti bahwa jika kita mengajar, kita bukan akan menghasilkan perpustakaan-perpustakaan hidup kecil, melainkan kita ingin membuat anak-anak kita berpikir secara matematis bagi dirinya sendiri, mengingat hal-hal seperti yang dilakukan oleh ahli sejarah lainnya, berperan serta dalam proses perolehan pengetahuan. Mengetahui itu adalah proses, bukan suatu produk.
b.      Teori Belajar Bermakna Ausubel
Ausubel mengemukakan bahwa belajar dikatakan menjadi bermakna (meaningful) bila informasi yang akan dipelajari peserta didik disusun sesuai dengan struktur kognitif yang dimiliki peserta didik sehingga peserta didik dapat mengaitkan informasi barunya dengan struktur kognitif yang dimilikinya. Ausubel menggunakan istilah advance organizer dalam penyajian informasi yang dipelajari peserta didik agar belajar menjadi bermakna.

A.      Tujuan

1.  Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian strategi belajar

2.  Mahasiswa dapat menjelaskan teori yang melandasi strategi belajar ipa

B.     Alat/Bahan, Sumber Belajar
-          Alat tulis
-          Lembar problem posing 1
-          Bahan ajar startegi belajar mengajar biologi
-          Buku Lain yang relevan

C.    Cara Kerja
  1. Duduklah dalam kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 4-5 orang.
  2. Bacalah materi tentang pengertian strategi dan teori yang melandasai pembe IPA, garisbawahi ide-ide pokok, kemudian buatlah suatu rangkuman.
  3. Susunlah pertanyaan berdasarkan materi yang kalian baca.. Masing-masing mahasiswa membuat 2 pertanyaan
  4. Tulislah pertanyaan pada lembar problem posing 1 (LPP1)
  5. Pertanyaan setiap kelompok dijawab oleh kelompok lain (ditukarkan).
  6. Presentasikan hasil diskusi dalam kelompok.
  7. Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi.



LEMBAR PROBLEM POSING 1

Nama               :.............................................................................................................

Kelompok       :.............................................................................................................

Pertanyaan      :.............................................................................................................
                        :.............................................................................................................

Jawaban          :.............................................................................................................
                        :.............................................................................................................
                        :...............................................................................








LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA


Jenis-jenis Strategi belajar
            Strategi belajar terdiri dari rehearsal, elaborasi,organisasi,metakognitif.
Strategi mengulang terdiri dari dua macam, yaitu strategi mengulang sederhana dan strategi mengulang kompleks. Strategi mengulang sederhana adalah strategi yang digunakan untuk mengingat, menghafal suatu informasi dalam periode waktu yang pendek. Proses ini dilakukan dengan mengulang berkali-kali, sehingga dapat membantu mempertahankan informasi di dalam memori jangka pendek.

Strategi Elaborasi
Adalah strategi belajar yang ditandai dengan penambahan rincian sehingga informasi akan menjadi lebih bermakna, sehingga membuat pengkodeaan akan menjadi lebih mudiah dan lebih memberikan kepastian. Strategi elaborasi membantu memindahkan informasi baru dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang dengan menciptakan gabungan dan hubungan antara informasi baru dengan apa yang telah diketahui. Contoh catatan matriks, analogi, PQ4R.

  1. Tujuan
1  Menjelaskan strategi belajar rehearsal
   2. Menjelaskan strategi belajar elaborasi
   3. Mengimplementasikan strategi rehearsal dan elaborasi dalam pembelajaran
     B. Alat/Bahan, Sumber Belajar
-          Alat tulis
-          Bahan ajar startegi belajar mengajar biologi
-          Buku Lain yang relevan



Cara Kerja
- Mahasiswa duduk dalam kelompok kecil yang beranggotakan  5 orang
- Tiap orang dalam kelompok diberi nomor  (Nomor 1 – 5).  
- Dosen memberikan lembar kerja mahasiswa dan setiap  anggota kelompok bertanggung jawab terhadap satu nomor soal yang terdapat dalam lembar kerja.
- Masing-masing anggota kelompok berpikir untuk  menjawab pertanyaan yang diberikan dan semua anggota kelompok bertanggung jawab terhadap soal yang tertera pada lembar kerja.
- Dosen memanggil mahasiswa dengan nomor tertentu, kemudian  mahasiswa yang nomornya sesuai mengacungkan tangannya dan menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas. Anggota dari kelompok lain yang memiliki nomor yang sama dapat memberikan tanggapan terhadap jawaban tersebut.
- Dosen memberikan penegasan terhadap jawaban masing-masing kelompok.

Bahan Diskusi
1.      Jelaskan diagram alir model pemrosesan informasi !
2.      Jelaskan fungsi register penginderaan?
3.      Sebutkan 3 cara menyimpan informasi di dalam jangka pendek?
4.      Memori jangka panjang terdiri atas 3 bagian. jelaskan?
5.      Jelaskan pemrosesan informasi dalam pembelajaran?
6.      Apakah anda telah menggunakan strategi belajar dalam hal belajar? Berikan alasan!

Bahan Diskusi

1.      Apakah anda telah menggunakan strategi belajar dalam hal belajar? Berikan alasan!
2.      Strategi PQ4R brtujuan membantu seseorang yang sedang belajar untuk mengingat apa yang mereka baca. Jelaskan maksud dari setiap langkah-langkah PQ4R dan berikan contoh.
3.      Bagaimana anda mengubah informasi verbal menjadi informasi dalam bentuk matriks. Berikan contoh!
4.      Berikan contoh 5 jenis catatan pinggir pada materi yang ditugaskan.
5.       Mengapa strategi belajar perlu diajarkan?
6.      Jelaskan definisi dari strategi belajar.














LEMBAR  KEGIATAN  MAHASISWA
Pertemuan 3 (peta konsep)

Strategi Organisasi
Strategi organisasi digunakan untuk meningkatkan kebermaknaan bahan­bahan baru, terutama dengan mengenakan struktur-struktur pengorganisasi baru pada bahan tersebut. Strategi organisasi dapat merupakan pengelompokkan ide-ide atau istilah menjadi subset yang lebih kecil. Strategi ini jugs dapat terdiri dari pengidentifikasian ide-ide atau topik kunci dari sekumpulan informasi yang lebih besar dan luas. Strategi ini terdiri outlining, mampping, dan mnemonics
A. Tujuan
1. Mahasiswa dapat menjelaskan jenis-jenis peta konsep
2. Mahasiswa dapat mengimplementasikan peta konsep dalam pembelajaran
Bahan Diskusi:
Buatlah Peta Konsep dari Bacaan berikut

Invertebrata adalah kelompok hewan yang tidak bertulang belakang. Diantara kelompok invertebrata juga terdapat perbedaan-perbedaan sehingga invertebrata digolongkan menjadi sembilan phylum yaitu Protozoa, Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nematheminthes, Annelida, Molusca, Echinodermata dan Arthropoda.
            Berdasarkan bahan pembentuk kerangkanya Porifera dibagi atas tiga kelas yaitu Calcarea,Hexactinelida, dan Demospongia. Coelenterata terdiri atas tiga kelas yaitu Scyphozoa, Hydrozoa, Anthozoa. Molusca terdiri dari 5 kelas yaitu amphineura, Scaphopoda, Gastropoda, Chepalopoda, dan Pelecypoda. Masing-masing kelas mempunyai contoh spesies seperti kelas Calcarea contoh spesiesnya Sycon, Gastropoda contoh pesiesnya Achatina sp. Pelecypoda contoh spesiesnya Anodonta sp. Chepalopoda contohnya Loligo sp.
Masing-masing Phylum mempunyai peranan dalam kehidupan manusia antara lain phylum Coelenterta (Coral) merupakan komponen utama pembentuk ekosistem terumbu karang. Molusca pada umumnya menguntungkan manusia,namun ada yang merugikan. Yang menguntungkan yaitu dijadikan sebagai perhiasan (Tiram mutiara), sumber makanan (Anadara, loligo, Remis). Yang merugikan yaitu meupakan hama tanaman budidaya (bekicot dan keong sawah.

LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA
Pertemuan 5










Tidak ada komentar:

Posting Komentar