Senin, 24 Januari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A.     Identitas Mata Pelajaran
Mata Pelajaran      : Biologi
Kelas / Semester   : XI / Genab                                        
Pertemuan             : I
Pokok Bahasan     : Sistem Pencernaan Pada Manusia
Alokasi Waktu      : ( 2x 45 ) Menit

Standar Kompetensi :
            Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan atau penyakit yang mungkin terjadi serta impikasinya pada saling temas.

Kompetensi Dasar:
            Menjelaskan keterkaitan antara struktur dan fungsi dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia  dan hewan (misalnya ruminansia).

Indikator Pencapaian :
1.      Menjelaskan struktur dan fungsi alat-alat pencernaan pada manusia
2.      Menjelaskan proses pencernaan makananan pada manusia
Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mempelajari system pencernaan pada manusia diharapkan siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi alat pencernaan makanan pada manusia.
2.      Setelah mempelajari system pencernaan pada manusia diharapkan siswa dapat mendeskripsikan proses pencernaan pada manusia.




B.      Materi Pembelajaran
Makanan yang kita makan tidak dapat langsung diserap dan digunakan oleh alat-alat tubuh kita. Agar dapat diserap oleh sel-sel jonjot usus, makanan harus dicerna terlebih dahulu oleh alat-alat pencernaan. Alat pencernaan terdiri atas saluran penccernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan memanjang mulai dari mulut hingga ke anus. Kelenjar pencernaan berisi enzim-enzim pencernaan.
Alat-alat yang membentuk saluran pencernaan terdiri atas :
1.      Rongga Mulut
Pada rongga inilah makanan mulai dicernakan, baik secara mekanis maupun secara kimiawi. Di dalam rongga mulut ini terdapat berbagai alat yang membantu berlangsungnya kedua macam pencernaan tersebut seperti gigi, lidah, kelenjar air liur atau kelenjar ludah (glandula salivales)
2.         Faring
Merupakan penghubung rongga mulut dengan kerongkongan, pada bagian ini terdapat persimpangan antara saluran pencernaan dan saluran pernapasan.
3.      Esophagus
Merupakan saluran memanjang yang menghubungkan tekak dengan lambung atau ventrikel. Dinding kerongkongan terdiri atas tiga lapis. Lapisan terluar terdiri atas selaput jaringan ikat, lapisan tengah otot, dan lapisan dalam terdiri atas jaringan epitel. Lapisan otot pada dua pertiga bagian atas dari kerongkongan berupa otot lurik. Sedangkan sepertiga bagian bawahnya berupa otot polos. Lapisan otot terdiri atas dua lapis, yaitu lapisan otot memanjang dan lapisan otot melingkar. Gerakan dua macam otot ini secara bergantian menyebabkan terjadinya gerakan peristaltic. Gerakan inilah yang membantu mendorong makanan dari rongga mulut ke lambung.
4.      Lambung
Lambung terletak di sebelah bawah tulang rusuk terakhir agak kekiri. Alat ini merupakan kantong besar yang dapat dibedakan menjadi tiga daerah yaitu :
a.       Kardiak (bagian atas dekat dengan hati)
b.      Fundus (bagian tengah yang menggantung)
c.       Pilorus (bagian bawah dekat dengan usus halus)

Pada lambumg terdapat HCl yang untuk:
a.       Mengubah pH ruangan dalam lambung sehingga menjadi lebih asam atau pHnya turun 1-3, hal ini dapat menyebabkan terbunuhnya kuman yang masuk bersama makanan
b.      Mengaktifkan enzim yang dihasilkan oleh getah lambung, misalnya pepsinogen diaktifkan menjadi pepsin sehingga dapat berfungsi untuk memecah protein

5.      Usus halus
Panjang usus halus lebih kurang 8,25 meter, terbagi atas tiga bagian yaitu :
a.       Usus dua belas jari (duodenum) terjadi pencampuran makanan yang menjadi chime dari lambung dengan getah empedu dan enzim-enzim yang bersal dari pancreas dan dinding usus
b.      Usus kosong atau jejunum berfungsi mencernakan makanan yang telah terrcampur dengan enzim pencernaan dari pankras dan dinding usus
c.       Usus penyerapan atau ileum berfungsi menyerap makanan yang telah dicerna oleh jejunum. Sari-sari makanan yang berupa asam amino akan diedarkan oleh pembuluh darah keseluruh tubuh sedangkan sari-sari makanan yang berasal dari lemak akan masuk ke pembuluh limfa, lalu pembuluh darah dan seluruh tubuh
6.      Usus besar
Usus besar terdiri atas usus tebal atau kolon dan poros usus atau rectum. Bahan makanan yang tidak diserap oleh ileum masuk kedalam usus besar, yaitu ke dalam kolon, sisa makanan akan dibusukan oleh bakteri E.coli. Bila lambung terisi makanan maka timbullah rangsangan dari lambung yang diteruskan ke kolon. Rangsangan ini menyebabkan timbulnya dorongan untuk buang air besar atau defekasi.
7.      Anus
Lubang yang merupakan muara akhir dari saluran pencernaan disebut lubang pelepasan (anus). Dinding anus terdiri atas dua lapis otot. Lapis yang langsung membatasi lubang anus terdiri atas otot lurik, sedangkan disebelah dalamnya terdiri atas otot polos.
Kelenjar-kelenjar pencernaan
1.      Kelenjar ludah dalam rongga mulut ada 3:
a.       Glandula Parotis, terletak di dekat telinga.  Menghasilkan getah berbentuk air
b.      Glandula submandibularis, terletak di bawah rahang bawah.
c.       Grandula Sublingualis, terletak di bawah lidah.
2.      Pankreas : Kelenjar yang menyalurkan getahnya ke usus halus.
3.      Hati merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh manusia. Hati terletak di rongga perut sebelah kanan atas. Hati menghasilkan empedu, yang kemudian disimpan di kantung empedu, kemudian jika ada makanan yang masuk duodenum, empedu ini akan dituangkan ke duodenum dan digunakan untuk membantu pencernaan lemak

C.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Tanya – Jawab
D.     Media  Pembelajaran
   LKS            

E.      Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Awal (5 Menit)
1.      Memberi salam
2.      Menanyakan pada ketua kelas apakah ada murid yang tidak hadir
3.      Apersepsi dan motivasi

Ø  Guru: anak-anak apakah kalian sudah makan hari ini?
                     Jawaban Siswa: sudah……
Ø  Guru : siapa yang tahu apa fungsi makanan bagi tubuh?
Harapan guru siswa menjawab: Untuk memperoleh energy.
Guru memberi sedikit penjelasan ya makanan diperlukan oleh tubuh untuk memperolh energy agar kita dapat kesekolah dan belajar seperti sekarang.
Ø    Guru : anak-anak agar makananan yang kita makan dapat dicerna dan diserap dengan baik, harus melalui apa?
Ø    Harapan siswa guru menjawab : saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan.
Ø    Guru: Saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan itu merrupakan satu kesatuan yang membentuk apa anak-anak? Siapa yang Tahu?....
Ø    Harapan siswa guru menjawab: Sistem pencernaan
Ø    Guru: Nah…..untuk lebih jelasnya organ-organ dan kelenjar apa saja yang berperan dalam proses pencernaan pada manusia dan bagaimana proses pencernaan dan penyerapan makanan dalam tubuh itu berlangsung kita akan masuk pada materi hari ini yaitu mengenai system pencernaan pada manusia.

b.         Kegiatan Inti (70 Menit)
1.      Guru menyampaikan indicator yang ingin dicapai
2.      Menyajikan materi sebagai pengantar
3.      Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang.
4.      Guru memberikan soal yang sama pada masing-masing kelompok
5.      Guru memberikan waktu untuk menyelesaikan soal selama 10 menit
6.      Setelah menyelesaikan soal ,perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pembahasan soal, dan diharapkan tercipta suasana diskusi yang kondusif.
7.      Guru dan siswa sama-sama memberikan kesimpulan dari pembelajaran tersebut melalui chart, dan memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang belum dipahami pada materi sistem pencernaan pada manusia.

c.       Kegiatan Akhir (15 Menit)
         Menutup materi pembelajaran tapi sebelumnya memberi tugas untuk materi minggu depan.
F.      Sumber Belajar
1.      BIOLOGI UNTUK SMA KELAS XI SEMESTER 2
2.      Internet http:DigestPada%20manusia%20%C2%AB%20HOW%20BIOLOGY%20MAKE%20U%20ENJOY.htm

G.     Penilaian
Tes tertulis bentuk essay
1.      Sebutkan struktur alat pencernaan makanan pada manusia
(skor 5)
2.      Jelaskan fungsi dari alat pencernaan makanan pada manusia tersebut (skor 10)
3.      Jelaskan proses pencernaan makanan pada manusia (skor 20)
4.      Jelaskan perbedaan absorbsi dari karbohidrat, protein dan lemak. (skor 20)
Kunci  Jawaban
1.      Struktur alat pencernaan pada manusia
a.       Mulut
b.      Faring
c.       Esofagus
d.      Lambung
e.       Usus Halus
f.       Usus Besar
g.      Anus

2.   Fungsi :
a.       Mulut
Pada rongga inilah makanan mulai dicernakan, baik secara mekanis maupun secara kimiawi. Di dalam rongga mulut ini terdapat berbagai alat yang membantu berlangsungnya kedua macam pencernaan tersebut seperti gigi, lidah, kelenjar air liur atau kelenjar ludah (glandula salivales)
b.      Faring
Merupakan penghubung rongga mulut dengan kerongkongan, pada bagian ini terdapat persimpangan antara saluran pencernaan dan saluran pernapasan.
c.  Esofagus
Merupakan saluran memanjang yang menghubungkan tekak dengan lambung atau ventrikel. Dinding kerongkongan terdiri atas tiga lapis. Lapisan terluar terdiri atas selaput jaringan ikat, lapisan tengah otot, dan lapisan dalam terdiri atas jaringan epitel. Lapisan otot pada dua pertiga bagian atas dari kerongkongan berupa otot lurik. Sedangkan sepertiga bagian bawahnya berupa otot polos. Lapisan otot terdiri atas dua lapis, yaitu lapisan otot memanjang dan lapisan otot melingkar. Gerakan dua macam otot ini secara bergantian menyebabkan terjadinya gerakan peristaltic. Gerakan inilah yang membantu mendorong makanan dari rongga mulut ke lambung.
d.      Lambung
Lambung terletak di sebelah bawah tulang rusuk terakhir agak kekiri. Alat ini merupakan kantong besar yang dapat dibedakan menjadi tiga daerah yaitu :
a.       Kardiak (bagian atas dekat dengan hati)
b.      Fundus (bagian tengah yang menggantung)
c.       Pilorus (bagian bawah dekat dengan usus halus)
 Pada lambumg terdapat HCl yang untuk:
a.       Mengubah pH ruangan dalam lambung sehingga menjadi lebih asam atau pHnya turun 1-3, hal ini dapat menyebabkan terbunuhnya kuman yang masuk bersama makanan
b.      Mengaktifkan enzim yang dihasilkan oleh getah lambung, misalnya pepsinogen diaktifkan menjadi pepsin sehingga dapat berfungsi untuk memecah protein
e.       Usus Halus
Panjang usus halus lebih kurang 8,25 meter, terbagi atas tiga bagian yaitu :
a.       Usus dua belas jari (duodenum) terjadi pencampuran makanan yang menjadi chime dari lambung dengan getah empedu dan enzim-enzim yang bersal dari pancreas dan dinding usus
b.      Usus kosong atau jejunum berfungsi mencernakan makanan yang telah terrcampur dengan enzim pencernaan dari pankras dan dinding usus
c.       Usus penyerapan atau ileum berfungsi menyerap makanan yang telah dicerna oleh jejunum. Sari-sari makanan yang berupa asam amino akan diedarkan oleh pembuluh darah keseluruh tubuh sedangkan sari-sari makanan yang berasal dari lemak akan masuk ke pembuluh limfa, lalu pembuluh darah dan seluruh tubuh
f.       Usus Besar
Usus besar terdiri atas usus tebal atau kolon dan poros usus atau rectum. Bahan makanan yang tidak diserap oleh ileum masuk kedalam usus besar, yaitu ke dalam kolon, sisa makanan akan dibusukan oleh bakteri E.coli. Bila lambung terisi makanan maka timbullah rangsangan dari lambung yang diteruskan ke kolon.Rangsangan ini menyebabkan timbulnya dorongan untuk buang air besar atau defekasi.
g.      Anus
Lubang yang merupakan muara akhir dari saluran pencernaan disebut lubang pelepasan (anus). Dinding anus terdiri atas dua lapis otot. Lapis yang langsung membatasi lubang anus terdiri atas otot lurik, sedangkan disebelah dalamnya terdiri atas otot polos.
3.      Proses pencernaan makanan pada manusia
Pencernaan secara mekanik dimulut dihasilkan dari proses mengunyah yang dihaluskan dengan gigi dan dicampur denngan saliva.Sebagai hasilnya makanan menjadi bolus yang mudah ditelan. Dua enzim yaitu amliase saliva dan lipase lingual lipase untuk memecah karbohidrat menjadi monosakarida dan lemak memjadi monogliserida, asam lemak dan gliserol.
Ketika pertama kali makanan ditelan,makanan melewati mulut masuk ke pharink yaitu berbentuk seperti pipa yang membujur dari nares dalam sampai esophagus di bagian belakang dan di bagian depan ke laring. Pharyng terdiri dari otot skelet dan dilapsi oleh membrane mokusa dan pharing dibagi menjadi tiga bagian yaitu nasopharynk,laryngopharynk danh oropharynk.Fungsi dari nasopharynk hanya unyuk respirasi tapi oropharynk dan laryngopharynk memiliki fungsi pencernaan yang sama baiknya dengan fungsi pernafasannya. Makanan yang ditelan dariu mulut melewati oropharynk dan laryngopharynk,kontraksi otot –otot ini membantu mendorong makanan ke esophagus kemudian ke lambung.
Di dalam Lambung makanan akan di cerna dengan bantuan asam lambung dan enzinm pencernaan menjadi chime. Setelah itu akan massuk ke usus halus . Di Usus halus terjadi pencernaan dan penyerapan sari-sari makanan oleh jonjot usus atau villi. Di usus besar terjadi pembusukan sisa makanan dan reabsorbsi  air , kemudian sisa makanan akan  di keluarkan melalui anus.
4.      Pencernaan karbohidrat di mulai dari mulut dengan bantuan enzim amylase sedangkan di lammbung tidak terjadi pencernaan karbohidrat karena tidak ada enzim amylase nanti setelah diusus halus. Dan akan diserap oleh villi daam bentuk monosakarida dan akan masuk kedalam pembuluh darah untuk diedarkan kesluruh tubuh. Sedangkann pecernaan protein sudah di mulai dari mulut oleh enzim tripsinogen dan di serap oleh usus halus  dalam bentuk asam amino dam untuk pencernaan lemak juga sudah dimulai dari mulut oleh enzim lipase lingualis yang ada juga di lambung dan usus halus kemudian diserap oleh usus dalam bentuk monogliserida, gliserol dan asam lemak lalu akan masuk kepembuluh limfa  lalu  ke pembuluh darah dan khirnya keseluruh tubuh.
Penilaian Sikap

A.    Pengamatan Perilaku
Penilaian efektif dapat dilakukan ketika proses pembelajaran secara kelompok untuk mengobservasi perilaku siswa dengan menggunakan format sebagai berikut :

RUBRIK PENILAIAN PROSES BELAJAR PESERTA DIDIK
Lembar Penilaian :
No.
Nama
Aspek
Kerja Kelompok
Keaktifan
Keberanian Bertanya
3
2
1
3
2
1
3
2
1
1










2










3










dst










Keterangan :
Aspek
Skor
Kriteria penilaian
Kerja sama dalam kelompok
3
Dapat bekerja sama dengan baik.
2
Kurang dapat bekerja sama dengan baik.
1
Tidak dapat bekerja sama.
Keaktifan dalam proses belajar mengajar.
3
Aktif selama proses pembelajaran.
2
Kurang aktif selama proses pembelajaran
1
Tidak aktif selama pembelajaran.
Keberanian bertanya atau menjawab.
3
Sering bertanya, menjawab, beragumen.
2
Pernah bertanya, menjawab, berargumen.
1
Tidak pernah bertanya, menjawab dan beragumen.





















B.     Penilaian kognitif
Penilaian LKS
No
Elemen yang dinilai
Skor maksimal
Skor peserta didik
1
Sebutkan struktur alat pencernaan makanan pada manusia

5

2
Jelaskan fungsi dari alat pencernaan makanan pada manusia tersebut
10
3
Jelaskan proses pencernaan makanan pada manusia

20
4
Jelaskan perbedaan absorbsi dari karbohidrat, protein dan lemak.

20
Total skor
55


Tidak ada komentar:

Posting Komentar